Minggu, 19 Mei 2013

SUKU KIKIM

Suku Kikim, adalah suatu masyarakat adat yang bermukim di Sumatra Selatan. Populasi suku Kikim ini diperkirakan sebesar 15.000 orang. 

Masyarakat suku Kikim sebenarnya telah memeluk agama Islam, tetapi sebagian besar dari mereka masih mengamalkan ajaran kepercayaan lama nenek moyang mereka, seperti kepercayaan animisme yang masih terlihat jelas dalam kehidupan mereka.

Satu acara adat suku Kikim yang terkenal adalah acara adat "Sedekah Rame", yaitu upacara makan bersama dengan orang-orang seluruh desa sambil duduk di tempat yang disebut Tanah Badahe Setue (Tanah Kesuburan Masa Depan) yang biasanya berlokasi di tengah sawah. Tempat itu dipilih sebagai suatu tempat untuk membakar dupa, mempersembahkan sesajen kepada mahluk halus atau roh penunggu sawah dengan menyalakan api unggun.

Umumnya orang Kikim bekerja sebagai petani, yang membuka lahan dengan sistem tebang-bakar, dan tinggal di dekat hutan dan berpindah-pindah karena tidak bisa menjaga kesuburan tanah. Itu sebabnya mereka membuka lahan dengan menebang pohon besar dan membakar semak-semak. Akibat dari perbuatan mereka ini, seringkali mereka dianggap sebagai penyebab kebakaran hutan yang sering kali terjadi di hutan Sumatera Selatan. Tetapi menurut mereka, sebenarnya kerusakan hutan maupun kebakaran hutan, tidaklah disebabkan oleh mereka, melainkan oleh perusahaan kayu besar yang secara illegal membakar hutan seenaknya.

sumber:
  • rumahdoakami.blogspot.com
  • wikipedia
  • dan sumber lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar